Archive for the 'Our Story' Category

Siapkah Kamu Untuk Berpoligami? Maukah Kamu Dipoligami?

images-1.jpg

Pak Haidhar* : “Bu Siti, pripun njenengan siap dipoligami ta?”

Bu Siti* : “aku sih siap-siap aja, tapi bojoku sing gak mau moligami aku. Ha..ha..

Akafuji* : ?!@#$%^&?’’]’…

*bukan nama sebenarnya

 

Aku yang mendengar percakapan itu hanya tercengang saja, dalam hati aku tertawa melihat canda-tawa teman-teman seprofesiku itu.

Semua orang tahu kalau madu itu manis dan bermanfaat. Karena itu orang-orang sangat menyukainya. Tapi lain lagi kalau dimadu. Ini akan jadi pil pahit dan menakutkan bagi kaum wanita kebanyakan. Walaupun ada beberapa di antara mereka yang dengan ikhlas rela berbagi suami. Dalam suatu hadist diriwayatkan seorang wanita yang ikhlas untuk dipoligami (dimadu), selangkah lebih dekat mencium bau syurga. Namun begitu, ini tidak semudah yang dibayangkan. Lanjutkan membaca ‘Siapkah Kamu Untuk Berpoligami? Maukah Kamu Dipoligami?’

Iklan

~ Sunan Giri ~

“Lir-ilir tandure wis sumilir

Sing ijo royo-royo, tak sengguh kemanten anyar

Cah angon-cah angon, penekno blimbing kuwi

Lunyu-lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro

Dodotiro-dodotiro kumitir bedah ing pinggir

Dondomono jematono kanggo sebo mengko sore

Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane

Yo sorak ooo sorak horee…”

 

Masih ingat kan, syair itu? Ini adalah salah satu dari syair yang diciptakan oleh Sunan Giri dalam rangka mensyiarkan agama Islam. Memang pada zaman kesunanan, metode penyebaran agama rohmatallil ‘alamin ini cenderung melalui pendekatan budaya dan sastra (akulturasi budaya dan sastra). Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia pada saat itu masih beragama Hindu, Budha, Animisme dan Dinamisme. Lanjutkan membaca ‘~ Sunan Giri ~’

~ Gresik Dengan Segala Nilai Historis Di Dalamnya ~

Siapa yang tidak kenal kota Gresik?, hampir semua orang mengenal kota yang terletak di barat laut kota Surabaya ini. Kini kota Gresik lebih dikenal sebagai kota industri dengan perkembangan perekonomian yang excellent.

Nama Gresik tidak serta merta disebut sebagai kota Gresik. Muncul berbagai sebutan kota Gresik pada masa lampau dari berbagai sumber sejarah yang autentik. Salah satu sebutan kota Gresik pada masa lampau adalah “grissee” (pernah diulas dalam little homeland by Mas Peyek). Yah…begitulah bangsa kompeni menyebut kota yang keadaaan topografinya berupa pantai dan bukit itu. Lanjutkan membaca ‘~ Gresik Dengan Segala Nilai Historis Di Dalamnya ~’

Oooo…Saraphova

Cantik, enerjik, prestasi yang fenomenal…setidaknya itulah yang tergambar dari petenis asal Rusia tersebut. Kehadirannya selalu dielu-elukan oleh setiap penggemarnya dalam berbagai kompetisi tenis profesional atas performa terbaiknya.

          Kesuksesan seorang Saraphova tidak begitu saja didapatnya. Ia harus melalui serangkaian perjalanan hidup yang tak ubahnya sebuah kisah drama. Saat itu ia masih berusia 7 tahun (1994). Ayahnya Yuri, membawanya meninggalkan kerasnya kawasan Siberia menuju salah satu akademi tenis Amerika yang terletak di Florida. Ia juga harus rela berpisah dengan ibunya, Yelena selama 2 tahun karena alasan administrasi. Lanjutkan membaca ‘Oooo…Saraphova’

ME, MY NDUT, AND MY FLOWERS : PART II

3 bulan yang lalu aku sama ndutku sama-sama menanam bibit bunga adenium yang dibawanya di rumahku. Kita menanam 19 bibit adenium (dalam 19 pot kecil), aku berharap akan ada hasil yang baik dengan adenium-adenium itu. Setiap minggunya selalu kulihat perkembangan bunga adeniumku. Ada beberapa yang udah wassalam. Dan ada beberapa yang masih bisa bertahan hidup.

Selang beberapa minggu setelah penanaman itu, kita selalu melihat perkembangannya sama-sama. Ndutku melihat beberapa bibit yang kiranya masih bisa bertahan dengan sok seriusnya. Lanjutkan membaca ‘ME, MY NDUT, AND MY FLOWERS : PART II’

..Our First Time Call..


Kring..kring.. handphoneku berbunyi, setelah kulihat ternyata ada panggilan. “siapa ya?, kok gak ada nama empunya nomer”, gumamku dalam hati.

Setelah 1 panggilan yang kuabaikan, akhirnya kuangkat juga, aku pikir itu temanku yang mungkin ganti nomer dan langsung menghubungiku. Maklum anak kuliah, biar lebih irit lebih baik beli perdana saja dari pada isi ulang.  Harga isi ulang bener-bener melambung. Lanjutkan membaca ‘..Our First Time Call..’

My Favourite TV Show (opera winfrey)

So, let’s take a look”, katanya dengan lembut namun jelas. Dengan gerakan mimik muka yang khas dari seorang Winfrey, dan sambutan hangat dari her viewers pun ia dapatkan ketika membawakan acara yang penuh dengan tayangan charity-charity itu. Acara itu memang dikemas sedemikian rupa, sedemikian cantiknya dengan pembawa acara yang sudah sangat akrab bagi masyarakat Amerika dan masyarakat di berbagai belahan dunia. Winfrey, seorang afro amerika dengan segala pembawaan yang bersahaja berhasil menyihir siapa saja yang menonton acara talk show yang ia bawakan. Decak kagum pun keluar dari bibir mungilku, setelah melihat acara tersebut untuk pertama kalinya beberapa waktu silam. Acara favoritku itu ditayangkan di salah satu station tv yang memang sangat konsisten dalam perkembangan dunia informasi, dan sangat jarang bahkan tidak pernah sama sekali menayangkan sinetron apalagi infotainment. Padahal 2 hal tersebut sekarang ini pertumbuhannya bak jamur-jamur di musim hujan seperti sekarang ini. Mungkin karena kekonsistenannya itu, seorang Paloh menyakini acara yang berdurasi 60 menit itu akan menyedot perhatian banyak pemirsa Indonesia. Lanjutkan membaca ‘My Favourite TV Show (opera winfrey)’


Indonesian Muslim Blogger
Catatan Sawali Tuhusetya

Akafuji Supports In

Gudang karya

Bukan Hitungan Weton

Oktober 2017
S S R K J S M
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Pengunjungku

  • 88,816 Click

Klik klik teruuss...

  • Tidak ada