Republik Rakyat Sms ( luv u honey, mua… )

Singkat, padat, berisi…Sebuah short message service, mungkin itu yang setidaknya tergambar akan bentuk fisik sms. Dimana orang banyak menyingkat kata-kata di dalamnya. Ini dilakukan bukan karena ia malas untuk menulis secara biasa/lengkap. Tapi, untuk memenuhi satu kiriman sms dengan 250 karakter di dalamnya. Rp. 350, Rp. 299, Rp. 100, Rp. 99, Rp 40, dll…adalah variasi biaya yang harus ditanggung oleh pengguna bergantung pada jenis operator. Bahkan ada sebuah promo yang menawarkan gratis pulsa sms sampai dengan 100 sms per bulannya. Wow…

Adalah surga bagi sms mania untuk memainkan jari dan jempolnya di keypad hp mereka. “kethewalkethewol seperti mipil jagung”. Kataku pada mereka yang selalu memainkan jari dan jempol dengan lihainya. Beberapa operator memang sedang melambungtinggikan para penikmat layanan yang satu ini. Ini adalah bisnis milyaran rupiah.

Aktivitas mipil jagung (dalam arti yang sebenarnya) di kampungku, kini berangsur-angsur tergerus dengan kebisaaan mipil handphone. Entah kenapa tua-muda seakan-akan terbius dengan kesenangan yang satu ini. Sampai-sampai, dana untuk membeli bibit jagung pun harus lenyap hanya untuk membeli pulza….wah gak jadi tandur nih!!

”Luv u mua…” sesingkat-singkatnya dan seindah-indahnya tulisan ini pun kadang bisa membawa petaka bagi seorang pengirimnya. Bagaimana tidak, jika saja sms ini yang seharusnya terkirim pada orang lain, ternyata malah terkirim pada istri/suami sendiri. Padahal sms-sms seperti ini sudah jarang menghiasi sms-sms mereka.

Sms memang terlalu singkat untuk megekspresikan isi hati kita. Kadang orang bisa salah sangka, salah persepsi, dan akhir-akhirnya berujung pada pertengkaran mulut, bahkan pertengkaran fisik. Beragam-ragam akibat yang ditimbulkan oleh sms. Terkadang ada yang sampai kelimpungan karena ke-GEER-an karena isi sms yang memang bisa membuat diri melambung tinggi. Ohoiii…(sadar bo’, diapusi koe!)

Di Indonesia, memang ijin berdirinya suatu provider handphone terbilang mudah, prosedurnya juga tidak berbelit-belit. Buktinya tidak sampai 5 – 10 tahun saja sudah berdiri lebih dari 10 provider. Suatu jumlah yang sangat excellent kan? Dipastikan kalau perang tarif telfon dan sms akan terjadi. Seperti sekarang ini contohnya..”aku rela nikah dengan monyet kalau ada operator yang menawarkan tarif super flat ke semua operator” (meminjam salah satu ucapan dalam iklan tv suatu provider)

Berhandphone ria kini menjadi suatu gaya hidup. Orang akan merasa wooow kalau dia bias berhandphone ria. Beberapa tahun silam istilah handphone hanya dimiliki oleh mereka yang berduit saja. Tapi sekarang, mereka yang antre raskin (beras miskin) saja bisa berhandphone ria. Pertumbuhan provider-provider tersebut jelas tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia dewasa ini. Keberadaan handphone plus isi ulang pulsanya setidaknya mejadikan semakin tidak terjangkaunya sembako..

Dalam hal ini, harus ada skala prioritas di sini!!

(Fin)

7 Responses to “Republik Rakyat Sms ( luv u honey, mua… )”


  1. 1 indra1082 Maret 11, 2008 pukul 5:08 am

    Itulah wajah Indonesia
    Disatu sisi mempertahankan gengsi, tapi disisi lain mereka menyatakan diri mereka miskin.

  2. 2 akafuji Maret 11, 2008 pukul 5:11 am

    hmm..so fast to reply nie? met kenal yawh!!

  3. 3 mybenjeng Maret 11, 2008 pukul 7:00 am

    saya tuh kalo “mipil” handphone (bales SMS) luama, lama ngarangnya lama ngeditnya. mendingan langsung nelpon meski agak mahal drpd SMS.
    ngomong-ngomong prioritas, saya kok ga bisa tidak ber-HP. apalagi kena blogwalking…🙂

  4. 4 agus rest Maret 11, 2008 pukul 10:33 am

    walahh… sptnya sebab gagal panen nambah deh, kan biasanya gara2 kena banjir spt skrg, yg ini malah gara2 duit abis buat bli pulsa, kpn swasembada beras klo gt yahh:mrgreen:

  5. 5 hanggadamai Maret 11, 2008 pukul 10:52 am

    ya udah klo gitu kita smua kita lancarkan aksi mogok sms:mrgreen:

  6. 6 peyek Maret 11, 2008 pukul 3:46 pm

    sekarang sms dah bukan lifestyle lagi, nelpon dah murah, jadi langsung aja…

    hehehe… mipil jagung, bahasamu itu loh..🙂

  7. 7 Cabe Rawit Maret 21, 2008 pukul 2:17 am

    Bang… ane mungkin termasup orang aneh, kalo sms gak pernah pake disingkat-singkat, selalu diferhatikan mana yang harus kapital mana yang kagak… paling sebel kalo nerima sms yang hurufnya kapital semua…😈

    Bener kata peyek… sms dah bukan lifestyle lagi… mendingan nelpon darifada sms…😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Indonesian Muslim Blogger
Catatan Sawali Tuhusetya

Akafuji Supports In

Gudang karya

Bukan Hitungan Weton

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pengunjungku

  • 81,042 Click

Klik klik teruuss...

  • Tak ada

%d blogger menyukai ini: