Belajar lughotul arrobiya (bahasa arab) Via Film Ayat-Ayat cinta Yuk!!

 images-2.jpg

Tidak melulu kita menyikapi film ayat-ayat cinta dari segi alur ceritanya saja, especially poligamizm. Masih ada hal yang kita bisa pelajari dari film yang telah mendatangkan banyak decak kagum dari berbagai kalangan tersebut.

Yupp…bahasa Arab. Film yang banyak mengambil lokasi syuting di India dan Mesir itu memang banyak menggunakan bahasa Arab di beberapa percakapan (kata-kata) di dalamnya. Seperti:

Kaifa haluka   : bagaimana kabarmu?(untuk menyapa pria)

Kaifa haluki    : bagaimana kabarmu?(untuk menyapa wanita)

Alhamdulillah bi khoiir wa afiyat : kabarku baik-baik dan sehat-sehat saja

Ahlan wa sahlan      : selamat datang

Na’am                    : ya

Laa                        : tidak

Intadhir su’alan ya Mama    : tunggu sebentar Bu

Haadzihil fitnah                  : itu fitnah (itu bohong)

Indunisy                            : orang Indonesia

Uriidu an adzhaba ilaa… : aku ingin pergi ke …(suatu tempat)

Ta’aruf                         : perkenalan (melamar)

Dll

He..he..Hanya sedikit yang terdengar oleh telingaku, aku bukan pembelajar bahasa Arab tulen. Jadi, telingaku tidak begitu sensitif dengan bahasa asing yang satu ini. Aku mendapatkan pelajaran bahasa Arab dulu sewaktu aku belajar di suatu pondok pesantren. Di sana, selain kupelajari bahasa Arab juga kupelajari ilmu nahwu-shorof, tafsir Al Qur’an, dan hadist setelah sholat magrib dan subuh.

Bagiku kehadiran film ayat-ayat cinta menyuguhkan nuansa tersendiri, terlebih lagi dalam percakapan yang tidak sedikit menggunakan bahasa Arab di dalamnya. Bahasa Arab memang bahasa yang menarik untuk dipelajari, tidak kalah dengan bahasa asing lain seperti halnya bahasa Jepang. Dengan belajar bahasa Arab setidaknya kita akan tahu makna ayat-ayat ALLAH tanpa harus membuka tafsirnya dulu. Iya kan?

Arabia go mo totemo omoshiroi desu  (bahasa arab juga sangat menarik)

Isshoni Arabia go o benkyou shimashou  (ayo belajar bahasa arab!)

 

 

(Fin)

About these ads

14 Responses to “Belajar lughotul arrobiya (bahasa arab) Via Film Ayat-Ayat cinta Yuk!!”


  1. 1 ridu Maret 25, 2008 pukul 4:04 am

    iya sedikit banyak jadi belajar bahasa arab yah nonton film itu.. btw ridu rada bingung, kalo lingkungan ridu menggunakan kata “afwan” sebagai permintaan maaf, tapi kalau di film itu kok berbeda yah penggunaannya??

  2. 2 Anggie Maret 25, 2008 pukul 4:31 am

    Memang, bahasa Arab memang menarik untuk dipelajari :)

    Salam kenal :)

  3. 3 hanggadamai Maret 25, 2008 pukul 10:07 am

    wah ide bagus juga tuh belajar bahasa arab :)

  4. 4 Sawali Tuhusetya Maret 25, 2008 pukul 11:29 am

    kayaknya bukan hanya bahsa jepang yang bu nisya kuasai. bahasa arabnya ternyata ok juga. salut deh!

  5. 5 peyek Maret 25, 2008 pukul 1:16 pm

    Hm… santri juga tih!

  6. 6 Arif Budiman Maret 25, 2008 pukul 2:16 pm

    Wehehehe… Jadi pengen buat setting film yang pakai bahasa suku Asmat… Kira-kira ngerti nggak ya penontonnya??? :mrgreen:

  7. 7 mybenjeng Maret 26, 2008 pukul 5:19 am

    sukron katsiron (makasih)…
    *bener ga ya…?* :)

  8. 8 uya Maret 26, 2008 pukul 7:57 am

    aku gak bisa bahasa arab ajarin donk..aku khan muslim masa gak bisa bahasa arab …khand malu ma Allah…

  9. 9 agus rest Maret 28, 2008 pukul 9:21 am

    moga2 ada AAC yg full bahasa arab, tapi ttp ada teks indonesianya *berdoa moga2 dibaca Hanung :roll: *

  10. 10 andy April 7, 2008 pukul 10:53 am

    memang kayaknya sih kalau belajar lewat filmnjadi lebih nyambung

  11. 11 moch wahib dariyadi April 21, 2009 pukul 8:30 pm

    alhamdulillah dengan hadirnya film seperti ayat2 cinta memmbuat bahasa arab semakin dikenal dan semakin menggelora.
    saya bangga belajar bahasa arab……

    http://www.wahib-dr.com

    http://www.wahib-dr.com

  12. 12 izul wae Agustus 24, 2010 pukul 1:02 pm

    ada yang punya link donlod film bhs arab ga :)

    0

  13. 13 ayu Juni 1, 2012 pukul 8:37 am

    belajar bahasa arab mmang menyenangkan :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Indonesian Muslim Blogger
Catatan Sawali Tuhusetya

Akafuji Supports In

Gudang karya

Bukan Hitungan Weton

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pengunjungku

  • 62,810 Click

Klik klik teruuss...

  • Tidak ada

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: